Proposal kegiatan pendirian BIMBEL
BAB I
PENDAHULUAN1.1
Latar BelakangKondisi perekonomian Indonesia
yang semakin tidak menentu menyebabkan banyak permasalahan yang
timbul dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya yaitu tingginyatingkat
pertumbuhan penduduk terutama di kota besar, yang mengakibatkan semakin
tigginya populasi di suatu daerah. Seiring dengan semakin padatnya populasi
penduduk yang tidak diikuti peningkatan penghasilan perkapita menjadikan
masyarakat memiliki beban berat dalammemenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini
kebutuhan hidup manusia yaitu, meliputi pangan,sandang, dan papan serta
kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama di
negara berkembang. Salah satunya Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan
baik formal maupunnon ± formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat
memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas
SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia. Ada dua jenis pendidikan yang kita
kenal di masyarakat kita, yaitu pendidikan formal (seperti TK, SDsampai
Univesitas), dan pendidikan nonformal (seperti kursus komputer, les Bahasa
Inggris,maupun kegiatan beladiri). Pendidikan formal jelas tujuannya untuk
memperoleh jenjangkeberhasilan yaitu kelulusan. Disini kita akan mendapatkan
titel seperti sarjana muda, sarjana,magister dan sebagainya.Dalam hal ini
pendidikan luar sekolah memiliki peranan yang tidak kalah penting. Pendidikan
ini berfungsi untuk membantu sang anak didik untuk memaksimalkan
potensinya yang mungkin belum seluruhnya bisa diperoleh melalui jenjang
pendidikan formal. Apa yang diperlukan dalammenjalankan pendidikan non formal
ini? Keahlian.Seandainya kita ambil kursus komputer, biasanya yang
mengajarkan adalah orang yang benar ahli dalam komputer. Begitu pula
denganBahasa Inggris. Artinya, yang dibutuhkan di pendidikan luar sekolah
adalah keahlian.
Mengenai
permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk melakukan studi kelayakan
usahadalam bidang jasa pendidikan. Hal yang cukup menarik disini adalah
penggunaan modal dansumber daya manusia yang terbatas namun mampu memberikan
pelayanan yang terbaik sebagaisolusi yang digunakan untuk meminimalkan
cotribusion margin, sehingga diharapkan kursusyang dijalankan memiliki pengeluaran
yang rendah, maka biaya yang ditawarkan terjangkau olehsemua kalangan
masyarakat yang
BAB II DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
2.1 Aspek
PemasaranDalam bagian ini kami paparkan beberapa program yang kami tawarkan
dalam bimbingan bahasa Inggris yang akan kami realisasikan dan kembangkan.
Program ini sengaja dibuka untuk anak TK; SD; SMP; SMA atau anak ± anak
yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggrisdengan cepat dan mudah. Baik bagi
pemula maupun yang sudah pernah kursus. Dengan metode pengajaran yang
begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan dalam
bentuk percakapan atau diperagakan dengan gambar- gambar dan alat
peraga, dengan permainan, cerita ± cerita lucu, dengan lagu ± lagu dan
teka ± teki.Maka belajar bahasa Inggris di EC akan terasa mudah dan
menyenangkan. Karena dibimbingoleh instruktur ± instruktur muda yang
berpengalaman, dengan penuh keakraban dan penuhsemangat. Peserta didik akan
merasa nyaman , bebas untuk berlatih membiasakan diri berbahasaInggris, karena
siswa tidak akan takut atau sungkan karena suasan di EC sangat akrab
danmenyenangkan. Seperti motto EC ³The Place for Fun and Quality´ (Tempat
menyenangkan dan bermutu).Adapun program yang ditujukan kepada pelajar
tingkat TK sampai SMA memiliki level/tingkatan. Berikut tabel level/ tingkatan
beserta biaya perbulan masing ± masing level. No. Jenis Level/ Tingkatan
Uang Kursus Kelas pagi & siang Uang kursus Kelas Malam Pelajar 1.
Level Pre Basic I (TK, SD) Rp. 25.000,-2. Level Pre Basic II (TK, SD) Rp.
25.000,-3. Level Pre Basic III (SD) Rp. 28.000,-4. Level Beginner (SD, SMP) Rp.
28.000,-5. Level Basic I (SD, SMP) Rp. 30.000,-6. Level Basic II (SD, SMP) Rp.
30.000,-7. Level Basic III (SMP, SMA) Rp. 30.000,-8. Leel Pre Intermediate
(SMP, SMA) Rp. 30.000,- Rp. 40.000,-9. Level Intermediate I (SMP, SMA) Rp.
35.000,- Rp. 45.000,-10. Level Internediate II (SMP, SMA) Rp. 35.000,- Rp.
50.000,-11. Level Intermediate III (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp. 55.000,-12.
Level Advance I (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp. 60.000,
13. Level
Advance II (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-14. Level Advance III (SMP, SMA)
Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-Tabel 1. Level/ tingkatan beserta biayaSedangkan
jadwal kursus yang kami berikan adalah sebagai berikut.Tabel 2.Jadwal KursusJadwal Kursus Di ECPagi 08.00 ± 09.00
09.30 ± 11.00Siang 13.30 ± 15.00 15.00 ± 16.30 16.30 ± 18.00Malam 19.00 ± 20.30
2.2 Aspek
Organisasi dan Manajemen EC (English Centre) berangkat dari sebuah lembaga
yang berdiri karena kemitraan, sehingga jumlah personil masih terbatas dan
bahkan hasil rekrutingdari lingkungan mitra kuliah (teman di perkuliahan). Tetapi
nantinya sejalan dengan perkembangan perusahaan , maka harus ada perubahan
baik system rekruting, jumlah personaldan stratifikasi serta kualifikasi tenaga
yang dibutuhkan. Dalam pengertian ini, rekruting pekerja bertolak dari
ukuran kualitas sumber daya manusia, dan disesuaikan dengan kebutuhan
pekerjaanyang ada di perusahaan. Kini tenaga kerja di tempat kami masih
berjumlah enam orang, meliputisatu manajer, tiga guru, satu front office.
Walaupun dengan personil yang terbatas, namun kamidapat mengatasi kekurangan
dengan menerapkan all in one job desk. Dalam pengertian setiap
orang yang
menempati posisi tertentu memiliki beberapa job desk yang bahkan tidak
berkaitandengan posisinya.Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah
kualitas bukan kuantitas, jadi denganketerbatasan personil kami dapat
meminimalisir cotibusion margin perusahaan. Walaupunterbatas, namun kami
memiliki SDM yang berkualitas. Hanya dengan SDM yang
berkualitas, perusahaan akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan
untuk menjalankantugasnya. Di samping itu, kami senantiasa berusaha untuk
menetapkan pola strategi pemasaranyang dapat memenuhi kepuasan konsumen
(costumer satisfaction). Untuk memenuhi SDM yangsesuai dengan tuntutan
manajemen, kami menerapkan disiplin yang tinggi, sehingga dapatmenangani
pekerjaannya dengan efisien, mampu mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
2.3ANGGARAN
/Aspek Financial
Dalam
menjalankan usaha kursus ini, sebenarnya tidak terlalu membutuhkan dana yang
besar.Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, bahwa kami memposisikan
lembaga kamisebagai tempat kursus yang berbiaya rendah namun berkualitas. Jadi
hal ± hal yang sifatnya tidak prioritas tidak kami pergunakan agar
contribution margin ± nya rendah.Taksiran biaya.Jumlah biaya usaha secara
keseluruhan ditaksir sebanyak Rp. 92.000.000,-Yang diperinci dalam 5 komponen
seperti diuraikan di bawah ini.1.1 Biaya renovasi dan persiapan tempat
kursus««««« Rp. 20.000.000,-1.2 Biaya pekerjaan sipil««««««««««««««. Rp.
7.500.000,-1.3 Perabotan dan peralatan belajar mengajar««««««. Rp. 15.000.000,-
1.4
Perlengkapan administrasi««««««««««««. Rp. 5.500.000,-1.5 Biaya pra-operasi««««««««««««««««
Rp. 9.000.000,-1.6 Continguensi«««««««««««««««««.. Rp. 10.000.000,-1.7 Modal
kerja permanent«««««««««««««.. Rp. 25.000.000,- +Jumlah biaya usaha Rp.
92.000.000,-Karena usaha ini didasari atas kemitraan, maka semua biaya diatas
adalah hasil pengumpulandana pribadi dari kami.Perkiraan pendapatan usaha.Dalam
perhitungan perkiraan pendapatan usaha, kami hanya memperkirakan hitungan kasar
saja.Sebab kami tidak dapat memprediksi secara akurat pangsa pasar yang dapat
kita serap, namuntingkat kepercayaan untuk hitungan ini mencapai 90%. Dalam
teori research methodologytingkat kepercayaan mencapai 90% sudah dibilang
cukup. No. Jenis Level/ Tingkatan Uang Kursus Kelas pagi & siang Uang
kursus Kelas Malam Pelajar 1. Level Pre Basic I (TK, SD) Rp. 25.000,-2.
Level Pre Basic II (TK, SD) Rp. 25.000,-3. Level Pre Basic III (SD) Rp.
28.000,-4. Level Beginner (SD, SMP) Rp. 28.000,-5. Level Basic I (SD, SMP) Rp.
30.000,-6. Level Basic II (SD, SMP) Rp. 30.000,-7. Level Basic III (SMP, SMA)
Rp. 30.000,-8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA) Rp. 30.000,- Rp. 40.000,-9.
Level Intermediate I (SMP, SMA) Rp. 35.000,- Rp. 45.000,-10. Level Internediate
II (SMP, SMA) Rp. 35.000,- Rp. 50.000,-11. Level Intermediate III (SMP, SMA)
Rp. 40.000,- Rp. 55.000,-12. Level Advance I (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp.
60.000,-13. Level Advance II (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-
14. Level
Advance III (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-Jumlah Rp. 446.000,- Rp.
380.000,-Berikut adalah hitungan pendapatan dari biaya bulanan siswa.Tabel 3.
Biaya Rata ± Rata per Bulan1. Untuk biaya bulanan dari kelas pagi, siang dan
sore rata ± rata adalah:446.000/ 14 level= Rp. 31.900,-dengan daya tampung 75
siswa maka Rp. 31.900,- x 75= Rp.2.392.500,-2. Untuk biaya bulanan dari kelas
malam rata ± rata adalah:380.000/ 7 Level= Rp. 54.300,-dengan daya tampung 75
siswa maka Rp. 54.300,- x 75= Rp.4.072.500,- +Total pemasukan per bulan Rp.
6.465.000,-Taksiran pengeluaran rutin (fix cost)/ bulan1. Rekening listrik,
telepon, air««««««««.. Rp. 1.000.000,-2. Penyusutan peralatan kantor«««««««««
Rp. 700.000,-3. Iuran keamanan«««««««««««««.. Rp. 100.000,-4. Biaya tak
terduga«««««««««««««. Rp. 300.000,- +Total fix cost/ bulan Rp.
1.100.000,-Taksiran Laba kotor Laba kotor =Total pemasukan ± Total fix
cost = Rp. 6.465.000 ± Rp. 1.100.000Laba kotor= Rp. 5.365.000,-Taksiran Pay
Back PeriodDengan total biaya usaha sebesar Rp. 92.000.000 dan laba kotor per
bulan Rp. 5.365.000,-maka akan diperoleh pay back period selama:Rp.
92.000.000,- = 17, 148 bulan atau + 18 bulanRp. 5.365.000,-/ bulan
2.6 Aspek
SosialMenurut perkiraan kami, dampak yang kemungkinan akan timbul adalah
mengangkatkesejahteraan masyarakat sekitar tempat kursus. Sebab, masyarakat
sekitar lokasi ruko terbilangmenengah dapat membuka warung makanan, alat ± alat
tulis, rental computer, foto copy, dan lain ±
lain.
BAB III
KESIMPULAN
Dalam bab
ini akan kami utarakan kesimpulan dari permasalahan studi kelayakan yang
kamilakukan yaitu :
1. Model usaha kursus yang kami
jalankan adalah bimbingan belajar bahasa Inggris yangmemiliki positioning
sebagai special for conversation, karena tujuan utama seseorang
belajar bahasa Inggris adalah agar dapat berkomunukasi dengan baik.
Untuk itu, proses pembelajarankami lebih condong pada praktek bukan teoritis.
2. Tipe
pengajaran yang kami terapkan adalah general English (percakapan sehari ±
hari).
3. Manfaat
yang diperoleh masyarakat sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar
putra ± putrinya. Selain itu, masyarakat sekitar dapat mengusahakan
berbagai usaha seperti kiosmakanan, kios alat tulis, foto copy, rental computer
dan lain ± lain.
4. Kebijakan
pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan
pelajarantambahan dengan memungut biaya, maka bimbingan kursus sebagai
alternative guna menunjang prestasi siswa.
Jadi,
berdasarkan hasil studi kelayakan yang kami bahas di atas maka dapat disimpulkan
bahwausaha yang akan kami lakukan memiliki kelayakan untuk direalisasikan
sebesar 90%. Haltersebut merujuk pada berbagai aspek yang kami tinjau untuk
mengetahui usaha yang akan kamilakukan feasible atau tidak. Secara keseluruhan
usaha kursus bahasa Inggris memiliki prospek yang cerah untuk dilakukan.
Karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang melarang sekolahnegeri untuk
menyelenggarakan kursus atau pelajaran tambahan yang memungut biaya
darisiswanya. Maka dari itu, siswa memilih lembaga kursus sebagai pendidikan
non-formal gunamenunjang prestasi belajarnya.Disamping itu, era globalisasi
yang menjadi tren baru dalam dunia ekonomi mengharuskanseseorang untuk mapu
berkomukasi menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.Karena
apabila seseorang tidak memiliki kemampuan berkomukasi dengan bahasa Inggris,
makaakan mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan dunia kerja.
BAB IV
PENUTUP
Dengan
mengacu pada uraian kami di atas maka, kami juga memiliki harapan ± harapan
kedepannantinya. Harapan dalam kurun waktu satu tahun pertama, kursus kami
sudah dikenal olehmasyarakat Jakarta Timur dan tempat kami sudah memenuhi daya
tampung. Kurun waktu dua
tahun, pay
back period. Kurun waktu ketiga, memiliki cabang lain di Jakarta Timur.
Kurunwaktu empat tahun dikenal oleh masyarakat Jabodetabek. Kelima memiliki
cabang diJabodetabek. Dan berikutnya dapat menjual branch untuk friend chise.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar